Sabtu, 17 November 2012

CONTOH LAPORAN HASIL PSG


LAPORAN HASIL PENDIDIKAN SISTEM GANDA ( PSG )
PT. GEMA GRAHA SARANA Tbk.
FACTORY TANGERANG
Div. Quality Assurance & SHE
 
Oleh,
SETIYOWATI
NISN: 111210112
Kelas/Prog. Study :  XI Akuntansi

SMK TUNAS PEMUDA
Jln. KH. M. Dahlan NO. 11 Tanjakan, Rajeg
Tangerang Banten
LEMBAR PENGESAHAN

Telah disahkan dan disetujui

                                                        Nama                       :  SETIYOWATI
                                                        Nisn                          :  1112110112
                                                        Kelas/Prog. Study  :  XI AKUNTANSI
                                                       Tempat                     :  PT. GEMA GRAHA SARANA Tbk.



Mengesahkan  :





KEPALA SEKOLAH
SMK TUNAS PEMUDA



 Tri Hartono SE.
SECTION HEAD QA
PT. GEMA GRAHA SARANA Tbk.



Mariko Hendru



KATA PENGANTAR
               Dengan mengucap syukur Alhamdulillah atas kehadirat Allah swt yang telah memberikan rahmat dan karunianya kepada penulis, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan hasil pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda ( PSG )
                   Penyusunan laporan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) ini adalah salah satu syarat untuk mengikuti Ujian Akhir Sekolah (UAS) dan Ujian Akhir Nasional (UAN) tahun diklat 2013/2014 dan laporan ini juga sebagai bukti bahwa penulis telah melaksanakan dan menyelasaikan praktek kerja industri di PT. GEMA GRAHA SARANA Tbk.
                 Laporan ini dapat terbuat dan di selesaikan dengan adanya bantuan dari pihak pembimbing materi maupun teknis, oleh karena itu penulis mengucapkan banyak terima kasih
Khususnya kepada,
1.      Bapak  Tri Hartono, SE  selaki Kepala Sekolah SMK TUNAS PEMUDA TANGERANG.
2.      Bapak Mifathudin selaku IR di PT. GEMA GRAHA SARANA Tbk.yang telah memberikan penulis kesempatan untuk melakukan  PSG di PT. GEMA GRAHA SARANA Tbk. Factory Tangerang.
3.      Bapak Mariko Hendru selaku Section Head QA.
4.      Bapak Fachrul Mizan dan Bapak Dianto selaku pembimbing selama melakukan kegiatan PSG di PT. GEMA GRAHA SARANA Tbk.
5.      Orang Tua/ Wali yang telah memberikan dukungan baik secara moral maupun Spiritual.
6.      Seluruh teman temanku di SMK TUNAS PEMUDA.
7.      Semua pihak yang tidak dapat penyusun sebutkan satu persatu yang senantiasa selalu membantu penulis, sehingga penulis dapat melanjutkan penulisan ini hingga selesai pada akhirnya.
                   Meskipun penulis telah berusaha dengan sebaik-baiknya dalam menyusun laporan ini, namun penulis menyadari bahwa masih banyak kekurangan, baik dari sistematika maupun susunan kalimatnya. Oleh karena itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun demi kesempurnaan laporan ini. Semoga laporan ini bermanfaat bagi kita semua. Amin.

Tangerang, November 2012
Penyusun,
SETIYOWATI


DAFTAR ISI

·       Cover
·       Lembar pengesahan 
·       Kata Pengantar  
·       Daftar Isi

BAB I  PENDAHULUAN
1.1    Latar Belakang PSG
1.2    Maksud dan Tujuan PSG
1.3    Tujuan Pembuatan Laporan
1.4    Waktu dan Tempat Pelaksanaan

BAB II  GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN/INSTANSI
                 2.1  Sejarah Umum Perusahaan
                 2.2  Visi dan Misi Perusahaan
                 2.3  Struktur Organisasi Perusahaan
                 2.4  Penjelasan SO
                 2.5  Daftar Proyek
                 2.6  Produksi
                 2.7  Quality Assurance
                 2.8  Tata Tertib Perusahaan

BAB III LAPORAN KEGIATAN
3.1  Pelaksanaan Kegiatan
3.2  Hasil kegiatan

BAB IV KESIMPULAN & SARAN
               5.1  Kesimpulan
               5.2  Saran

BAB V PENUTUP
              6.1  Penutup

 LAMPIRAN
 LAMPIRAN









BAB I
PENDAHULUAN

1.1                  Latar Belakan Pendidikan Sistem Ganda ( PSG )
    
   Praktek kerja industri merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan bagi para siswa, yang memadukan antara pendidikan di Sekolah dengan pendidikan di Dunia Industri yang diperoleh dengan melakukan praktek kerja secara langsung dan terarah untuk menambah keahlian tertentu. Tujuan utama pendidikan kejuruan adalah mempersiapkan lulusan untuk dapat bekerja secara mandiri.
           Setiap siswa lulusan SMK dituntut untuk mempunyai suatu keahlian dan siap kerja, oleh karena itu diadakan suatu program Pendidikan Sistem Ganda (PSG) agar setiap Siswa lulusan SMK mempunyai suatu pengalaman dalam dunia usaha, sebelum memasuki dunia usaha tersebut secara nyata setelah lulus sekolah.


1.2                  Maksud dan Tujuan Pendidikan Sistem Ganda ( PSG )

   1.2.1  Maksud
            Sistem
Ganda adalah suatu bentuk penyelenggaraan penddidkan keahlian kejuruan, yang memadukan secara sistematik dan sinkron program pendidikan di sekolah dan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan bekerja langsung pada bidang pekerjaan yang relevan, terarah dan mencapai kemampuan keahlian tertentu.
            Dalam pengertian tersebut tersirat, bahwa ada dua pihak yaitu lembaga pendidikan dan lapangan kerja (industri/ perusahaanatau instansi tertentu) yang secara bersama-sama menyelenggarakan suatu program keahlian kejuruan. Dengan demikian kedua belah pihak seharusnya terlibat dan bertangguang jawab mulai dari tahap perencanaan program, tahap penyelenggaraan, sampai pada tahap penilaian dan penentuan kelulusan peserta diklat, serta pemasarannya.

 1.2.2  Tujuan

              Penyelenggaraan pendidikan dengan Sistem Ganda pada SMK  bertujuan untuk:
·        Agar Siswa mampu memahami, memantapkan dan mengembangkan pelajaran yang didapatkan di Sekolah dan diterapkan pada Dunia Usaha.
·        Memantapkan, meningkatkan dan memperluas keterampilan yang di miliki oleh siswa dalam dunia kerja.
·        Sebagai sarana komunikasi antara Siswa  SMK dengan Instansi atau kantor tempat pelaksanaan praktek kerja.
·        Memberikan kesempatan kepada Siswa SMK untuk beradaptasi dengan suasana atau iklim lingkungan kerja yang sebenarnya baik sebagai pekerja mandiri terutama yang berkenan dengan di siplin kerja.
·        Memberikan masukan dan umpan balik guna perbaikan dan pengembangan pendidikan.
Sebagaimana yang telah di jelaskan di atas, bahwa praktek kerja industri yang di laksanakan pada instansi – instansi pemerintah atau swasta yang mempunyai tujuan tertentu, yaitu meningkat dan memperluas pengetahuan bagi siswa terhadap jenis-jenis lingkungan kerja.


1.3                  Tujuan Pembuatan Laporan
 
Pembuatan Laporan yang merupakan karya tulis adalah kewajiban bagi setiap siswa/siswi SMK TUNAS PEMUDA yang telah menyelesaikan Pedidikan Sistem Ganda. Pembuatan laporan ini bertujuan :

1. Siswa/siswi mampu memahami, memantapkan dan mengembangkan pelajaran yang didapat di sekolah dan penerapannya di dunia kerja.
2. Siswa/siswi mampu mencari alternatif pemecahan masalah kejuruan secara lebih luas dan mendalam yang terungkap dari buku laporan yang dibuatnya.
3. Siswa/siswi dapat memahami cara-cara pembuatan suatu laporan Praktek Kerja Lapangan.
4. Agar siswa/siswi dapat mencurahkan dan menuangkan pikiran serta segenap kemampuan kedalam tulisan.
5. Siswa/siswi dapat menggunakan bahasa yang baik dan benar sesuai dengan ejaan bahasa Indonesia yang disempurnakan.
6. Mengumpulkan data guna kepentingan sekolah dan dirinya sendiri.
7. Menambah perbendaharaan perpustakaan sekolah dan dapat menunjang pengetahuan bagi siswa angkatan berikutnya.
8. Sebagai bukti nyata bahwa penulis telah melaksanakan Praktek Kerja Lapangan.










1.4                  Waktu dan Tempat Pelaksanaan
      
              Penulis melaksanakan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) selama kurang lebih   2 bulan, yang terhitung dari tanggal 25 September 2012 s/d 20 November 2012. Adapun tempat pelaksanaan yang penulis pilih adalah PT. GEMA GRAHA SARANA Tbk, yang beralamat di Kp. Tereup Rt 04/02 Desa Sukaharja-Tangerang,Banten.

Penulis melaksanakan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) DI Divisi Quality Assurance (QA). Selama 2 bulan penulis melaksanakan PSG Pada:

·         Senin – Kamis  : Masuk Pkl 08.00 WIB s/d 16.15 WIB.
·         Jum’at               : Masuk Pkl 08.00 WIB s/d 16.30 WIB.
·         Sabtu                 : Masuk Pkl 08.00 WIB s/d 12.00 WIB.






BAB II
GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN / INSTANSI



2.1   Sejarah Umum Perusahaan  PT. GEMA GRAHA SARANA Tbk.
                      Pada tahun 1984, sebuah sebuah perusahaan manufaktur dibidang interior dan furniture berdiri dengan nama PT. GEMA GERHANA SARANA dan berubah menjadi PT. GEMA GRAHA SARANA pada Juli 1994.  Sejalan dengan perkembangan dunia bisnis, maka ruang lingkup layanan perusahaan berkembang dibidang kontraktor dan manajemen proyek interior, furniture fit out serta manufaktur bidang producti masal untuk office chair, workstation, dan blinds.
                     Pada tahun 1998, PT. GGS Tbk. Fokus bergerak dibidang kontraktor dan manajemen proyek, serta furniture fit out. Sedangkan manufaktur bidang produksi masal untuk office chair, workstation dan blinds dijalankan PT. VINOTINDO GRAHA SARANA (VINOTI).
                      Tahun 2000, perusahaan mengubah strategi bisnisnya. PT. GGS Tbk. Bergerak dibidang kontraktor interior serta fit out sedangkan manufaktur untu job order furniture dialihkan ke PT. VINOTI, sehingga menjadi satu unit bisnis yang dilengkapi manufaktur bidang produksi masal untuk office chair, workstation, blind dan job order furniture.
                     Tahun 2001, perusahaan kembali merubah strategi bisnisnya,  sehingga lini bisnis PT. GGS Tbk.  menjadi manufaktur untuk job order furniture dan kontraktor  interior serta fit out.
                 Tahun 2002, PT. GGS Tbk. Menjadi perusahaan terbuka pertama dibidangnya, efektif pasa tanggal 24 Juli 2002 dengan pencatatan di Burse Efek Jakarta pada tanggal 12 Agustus 2002. Dan mengubah nama menjadi PT. GEMA GRAHA SARANA Tbk. Dimana sahamnya tercatatat dengan kode “GEMA”. Selain itu, PT. GGS Tbk. Kini memiliki anak perusahaan yaitu PT. Laminatech Kreasi Sarana (LKS), suatu perusahaan pembuat komponen furniture dan distributor tunggal dari  Produk High Pressure Laminate (HPL) terkemuka di dunia yaitu Wilson Art, serata PT. Prasetya Gema Mulia (PGM) yang bergerak dibidang jasa mekanikal dan electrical.
                 Pada akhir tahun 2004, PT. GGS Tbk. Menambah lini bisnisnya dibidang Veneer Laminated Wooden Floor (selanjutnya disebut ‘flooring’) yang berorientasi Eksport, Perseroan telah membangun pabrik untuk memproduksi flooring di Cikande,Serang Jawa Barat, seluas 4.700 m diatas tanah 21.000 m. Pabrik tersebut sudah mulai produksi secara komersial pada bulan Juli 2005 dan telah melakukan ekspor perdana pada tanggal 22 Juli 2005. Pabbrik Cikande resmi disertifikasi  Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000 Pada tanggal 9 Januari 2006.
               Pada awal tahun 2005, PT GGS Tbk. Mengakuisisi PT. VIVERE Multi Kreasi (VMK) yang bergerak dibidang furniture dan interior untuk perkantoran dan perumahan dengen segmen pasar menengah keatas, sehingga anak perusahaan PT. GGS Tbk. menjadi 3 perusahaan yaitu, LKS, PGM, DAN VMK.
               Seiring dengan perkembangan usaha, strategi perusahaan saat ini adalah focus sebagai kontraktor interior dan manufaktur, untuk itu efektif tanggal 3 September 2007,PT. GGS Tbk. resmi mengendalikan produksi panel laminasi dan furniture laminasi yang semula dikelola anak perusahaan yaitu LKS.
               Tahun 2009, quartel ke-3 tepatnya 1 Juli 2009 pengendalian produksi  panel laminasi dan furniture laminasi dialihkan kembali ke LKS sebagai anak perusahaan PT. GGS Tbk.
                Untuk menjamin kelancaran usaha, berikut adalah fasilitas-fasilitas pendukung yang dimiliki oleh perusahaan,

Ø    Pabrik yang masing-masing berlokasi :
a. Tangerang, memproduksi interior dan furniture.
b. Cikande, memproduksi flooring.
Ø    Mesin-mesin produksi dan utility.
Ø    Kendaraan oprasional.

                             Lokasi Kantor PT. GEMA GRAHA SARANA Tbk. Di Graha Slipi, Jalan Letjen S.
             Parman No 6 Jakarta Barat 11480 Jakarta . Sedangkan lokasi pabrik PT. GEMA
             GRAHA  SARANA Tbk. Di Kampung Tereup Rt 04 Rw 02, Desa Sukaharja, Pasar Kemis,
             Tangerang.
                   



             2.2  Visi dan Misi PT. GEMA GRAHA SARANA Tbk.
·        Visi
“To Be Leader in the Interior and Furniture Business in Indonesia”

·        Misi
          Meningkatkan suasana hidup kerja sari para konsumen serta membangun antusias mereka akan dunia furniture secara berkesinambungan, dengan terus menciptakan inovasi inovasi baru pada produk, layanan, dan proses.
          Perseroan bertekad untuk memberikan yang terbaik Dalam hal produk, layanan, dan solusi yang terbaik kepada semua pelanggan dan mitra usaha dengan mengerahkan semua usahanya dalam mengoptimalkan kombinasi dari sumber daya yang dimiliki.





           2.3  Struktur dan Organisasi Perusahaan
       
                   2.3.1  Struktur Organisasi PT. GEMA GRAHA SARANA Tbk.



                         2.3.2  Struktur Organisasi Quality Assurance Factory



2.4          Penjelasan SO
BAGIAN/DIVISI YANG TERDAPAT DI PERUSAHAAN PT. GEMA GRAHA SARANA Tbk.

a.  GM Factory, adalah penanggung jawab tertinggi terhadap penerimaan order dari marketing dan proyek, pengendalian seluruh aktifitas factory, dan pengawas pelaksaan SHE dan 5R dilokasi pabrik.

b.  PPI Manager, bertanggung jawab terhadap perencanaan produksi dan instalasi, perencanaan material, penurunan LOK ke produksi, monitoring progress dan pelaksanaan instalasi serta memastikan pelaksanaan SHE berjalan di divisinya.
c.  Deputy GM dan Manger Produksi, bertanggung jawab terhadap pelaksanaan dan pengawasan proses produksi mulai dari pembahanan sampai finishing, pemeriksaan barang dalam proses produksi, pemberian identitas, serta memastikan pelaksanaan SHE berjalan di divisinya.
d.  Deputy GM DAN Manager Produksi, bertanggung jawab terhadap pengendalian dan pengawasan tenaga kerja rekanan atau pemborong
e. Deputy GM dan bagian Teknik bertangung jawab terhadap pemeliharaan mesin – mesin di produksi dan building maintenance serta memastikan bahwa alat dan mesin – mesin yang digunakan di lokasi produksi dapat beroprasi dengan kondisi yang layak dan aman digunakan sesuai dengan aspek kualitas dan SHE, sehingga membantu proses produksi dalam pembuatan komponen furniture berdasarkan LOK.
f. Deputy GM dan bagian Warehouse bertangung jawab untuk melakukan penerimaan, pemeriksaan, penanganan, penyimpanan, pengamanan barang di gudang, barang – barang yang keluar dari gudang berikut pemberian identitas barang - barang yang ada di gudang serta memastikan pelaksanaan SHE berjalan.
g. Seluruh pimpinan di pabrik bertangung jawab terhadap pelaksanaan tindakan perbaikan dan pencegahan serta memastikan pelaksanaan SHE berjalan.
h. Quality Assurance di pabrik bertangung jawab terhadap pembuatan Rencana Mutu di pabrik, pelaksanaan proses pemeriksaan sesuai Rencana Mutu, pengujian dan pemberian status pemeriksaan berdasarkan Rencana Mutu, sebagai ISO dan OHSAS secretary difactory serta bertanggung jawab terhadap pelaksanaan kegiatan kalibrasi alat ukur yang digunakan di lingkungan pabrik Tangerang serta memastikan pelaksanaan SHE berjalan.

2.5         PROYEK PT. GEMA GRAHA SARANA Tbk.




·        Hotel Js Luwansa
·        Morgan Stanley
·        National Hopital
·        Wiska Office
·        Zurich
·        PHE
·        Schlumberger
·        Wall Street
·        World Bank
·        Ford
·        Bayer
·        Supreme
·        VI VE RE
·        Sudirman Mansion
·        Life Long
·        Lafayate
·        JNY
·        Allianz
·        Star Energy
·        IDX
·        Eni Muara Bakau
·        Mercure
·        Mukti Group
·        Mulia Resort Bali
·        BI Koperbi
·        BUSB
·        Bp. Migas
·        Apartemen Senopati
·        Lafayate
·        Itochu
·        Marquee
·        Mercure
·        Davinci
·        HM Sampoerna
·        Palma Mukti Agro
·        STS
·        Jatomi
·        Total E & P
·        Vinoti
·        Kuningan City
·        Star Energy
·        Wiska Office
·        Agung Auto Mall
·        Biz Hotel
·        Tei Expo
·        BII My Bank
·        Norwegian Embassy
·        Eni Halim
·        Mulia Kids
·        XL Office
·        Honda
·        Sukanda Jaya
·        Zenith
·        XL Menara Prima
·        Ogilvy
·        Beau Cell
·        BOC
·        BI Lampung
·        X Link
·        Navotel Axa Ofice
·        Dll.



2.6          PRODUKSI PT. GEMA GRAHA SARANA Tbk.
Bahan bahan yang diproduksi,



·        Backing Kaca
·        Vassa Media Stand
·        Panel
·        Modesti
·        Side Board
·        Box Screen
·        Ambalan
·        Pintu
·        Panel Decorative
·        Wardrobe
·        Meeting Table
·        Cabinet
·        Roller Blinnd
·        Wall Treatment
·        Bed Head
·        Side Table
·        Skirting
·        Ambalan
·        Dinning Table
·        Top Table
·        Suply Locker
·        Bench
·        Glass Board
·        MD Desk
·        Pedestal
·        Credenza
·        Coffe Table
·        Daun Pintu
·        Hanging Cabinet
·        Wall Panel
·        Cabinet Manager
·        Drop Ceiling
·        Full High Cabinet
·        Kusen
·        Pantry Cabinet
·        Dll..


2.7          Quality Assurance Factory

                  Quality Assurance, di pabrik bertanggung jawab terhadap pembuatan Rencana Mutu di pabrik, pelaksanaan proses pemeriksaan sesuai Rencana Mutu, pengujian dan pemberian status pemeriksaan berdasarkan Rencana Mutu, sebagai ISO dan OHSAS, secretary difactory, serta bertanggung jawab terhadap pelaksanaan kegiatan kalibrasi alat ukur yang digunakan di lingkungan pabrik Tangerang serta memastikan pelaksanaan SHE berjalan.

2.7.1   FUNGSI KERJA QUALITY ASSURANCE
 
·        Sebagai Refresentatif ISO dan OHSAS di Factory
·        Penjamin kualitas/mutu produk sesuai keterangan konsumen
·        Memastikan regulasi Riska (prosedur dijalankan)
·        Melakukan kalibrasi untuk sesuai alat ukur yang dipakai
        

                           
2.8  Tata Tertib PT. GEMA GRAHA SRANA Tbk.

      





BAB III
LAPORAN KEGIATAN

         3.1  Pelaksanaan Kegiatan
·        Merapikan dokumen Lembar Pemeriksaan Barang Jadi (Finish Good) dan Lembar Pemeriksaan Barang Dalam Proses (Rakit).
·        Merapikan dokumen Bukti Permintaan Material dan dokumen Serah Terima Pengiriman Barang.
·        Menginput laporan harian Pemeriksaan Barang Jadi dan laporan Barang Dalam Proses.
·        Membuat laporan Pemusnahan Dokumen Lembar Pemeriksaan Barang Jadi (LPBJ), dan Dokumen Lembar Pemeriksaan Barang Dalam Proses (LPBDP).
·        Merapikan Sample-sample bahan sesuai proyek masing masing.
·        Menginput Laporan Bulanan Pemeriksaan Barang Jadi dan laporan Barang Dalam Proses bulan September dan Oktober 2012.
·        Membuat Lebel Bahan Kimia.
·        Mendistribusikan dokumen.
·        Membuat Data Proyek bulanan Oktober 2012.
·        Membuat dan merapikan Otner Name.
·        Membuat dan Merapikan Daftar Catatan Mutu.
·        Membuat Laporan Diffect Proyek.
·        Dll.

        3.2  Hasil Kegiatan

                        Setelah 2 (dua) bulan saya mengikuti dan menyelesaikan Pendidikan Sistem
            Ganda  (PSG) di PT. GEMA GRAHA SARANA Tbk.  penulis mendapat banyak ilmu baru.

           
Dan Menambah wawasan dalam dunia kerja.

BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN

         4.1  Kesimpulan
                          Setelah penulis melaksanakan Pendidikan Sistem Ganda di PT. GEMA GRAHA
         SARANA Tbk.  dan membuat laporan ini, maka dapat diambil kesimpulan sebagai
         berikut :
·        Praktek kerja lapangan ini dapat memperluas dan menambah wawasan bagi siswa dalam pendidikan di dunia kerja.
·        Praktek Kerja Lapangan ini dilaksanakan untuk menambah suatu gambaran dalam menjalani dunia kerja.
·        Praktek Kerja Lapangan ini dilaksanakan untuk menambah ketermpilan siswa dalam setiap praktek dan menerapkan teori-teori yang didapat langsung pada objeknya.
·        Dengan adanya Praktek Kerja Lapangan ini, siswa/siswi tidak lagi memerlukan waktu latihan lanjutan bila ingin memasuki dunia kerja.


         4.2  Saran-Saran
                            Pada kesempatan ini, ijinkanlah penulis untuk memberikan beberapa saran        
          kepada pihak industri dan pihak sekolah yang sekiranya dapat dijadikan sebagai bahan
          pertimbangan guna kemajuan dimasa mendatang
                  4.2.1  Saran-saran untuk pihak industri
·        Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan ini akan lebih terarah apabila disusun
Suatu jadwal yang harus dikerjakan siswa/siswi selama melaksanakan Praktek Kerja Lapangan.
·        Agar industri dapat menyediakan seorang instruktur khusus yang pada hari-hari tertentu dapat memberikan pelajaran teori yang berhubungan dengan pekerjaan yang dilaksanakan siswa/siswi sehingga siswa/siswi dapat mengerti dan memahami pekerjaan yang dilaksanakan.

                   4.2.2       Saran-saran untuk pihak sekolah
                               Pihak sekolah agar dapat memantau kegiatan siswa yang sedang     
                melaksanakan PSG secara intensif sehingga segala kesulitan yang timbul dapat  
                dipecahkan bersama.


BAB V
PENUTUP

Keberhasilan pelaksanaan Praktek Kerja Industri ini sangat dibutuhkan oleh para siswa/siswi agar dapat bisa mengikuti salah satu syarat untuk menempuh UAS/UAN. Dengan dibuatnya laporan PSG ini diharapkan dapat dijadikan acuan bagi lancarnya pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda, terutama pada tahap awal kerja berkaitan dengan paket keahlian yang ada di Dunia usaha/Dunia industri.
Dengan dibuatnya laporan ini minimal diharapkan juga ada kesamaan Visi antara pihak sekolah dengan dunia usaha sebagai industri pasangan.
Harapan saya sebagai penulis semua penjelasan didalam laporan ini telah tersusun rapi sesuai dengan tujuan siswa/siswi tingkat 2. Penulis telah berusaha menyusun dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami, dan dimengerti bagi yang membacanya.

10 komentar:

  1. wuidih dimasukin ke blog....duit duit duir....

    BalasHapus
  2. BISA MASUK REKOR MURI NI
    SAKING BAGUS NYA

    BalasHapus
  3. terima kasih setyo wati, saya jd mengerti cara membuat laporan :)

    BalasHapus
  4. terima kasih contohnya, udah gak susah bikin laporan lagi :)

    BalasHapus
  5. Saya akan sangat mengesyorkan perkhidmatan pembiayaan meridian Le_ kepada sesiapa yang memerlukan bantuan kewangan dan mereka akan membuat anda berada di atas direktori tinggi untuk sebarang keperluan selanjutnya. Sekali lagi saya memuji diri anda dan kakitangan anda untuk perkhidmatan dan perkhidmatan pelanggan yang luar biasa, kerana ini merupakan aset yang hebat untuk syarikat anda dan pengalaman yang menyenangkan kepada pelanggan seperti saya sendiri. Mengharapkan anda semua yang terbaik untuk masa depan. Perkhidmatan pembiayaan meridian adalah cara terbaik untuk mendapatkan pinjaman mudah, di sini ada email..lfdsloans@lemeridianfds.com Atau bercakap dengan Encik Benjamin Pada WhatsApp Via_ 1-989-394-3740 Terima Kasih untuk membantu saya dengan pinjaman sekali lagi dengan sepenuh hati saya bersyukur selama-lamanya.

    BalasHapus
  6. Contoh laporan anak psg gardu induk pms

    BalasHapus
  7. saya juga seorang pengusaha yang mampu menghidupkan kembali bisnis kayu sekarat melalui bantuan dewa yang dikirim pemberi pinjaman yang dikenal sebagai benjamin lee konsultan pinjaman. saya penduduk di yekaterinburg екатеринбург. baik Anda mencoba untuk memulai bisnis, melunasi hutang Anda, memperluas yang sudah ada, butuh uang untuk membeli persediaan. apakah Anda mengalami masalah dalam mencoba mendapatkan fasilitas kredit yang baik, saya ingin Anda tahu bahwa mr benjamin akan membantu Anda. apakah ini tempat yang tepat bagi Anda untuk menyelesaikan semua masalah keuangan Anda karena saya adalah kesaksian hidup dan saya tidak bisa menyimpan ini untuk diri saya sendiri ketika orang lain mencari cara untuk diangkat secara finansial.. saya ingin Anda semua menghubungi tuhan ini mengirim pemberi pinjaman menggunakan perincian sebagaimana dinyatakan untuk menjadi bagian dari peluang besar ini email: 247officedept@gmail.com atau whatsapp/text +1-989-394-3740.

    BalasHapus